Cara Atur Jam Router Otomatis

Halo semuanya, selamat datang di blog Kholis X. Pada catatan kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara seting jam di router MikroTik kita secara otomatis walaupun router tiba-tiba restart dan jamnya ngaco jadi tetep akan otomatis sesuai lagi dengan jam yang sebenarnya. Bayangkan kalian yang memiliki usaha di jasa jual voucher hotspot di rumah, tiba-tiba jam router kalian ngaco dan mengganggu masa aktif voucher, yang harusnya udh habis tiba-tiba masih bisa dipakai. Kan bisa rugi kalau terus-terusan begitu.

Untuk membuat jam bisa cocok secara otomatis kita memanfaatkan protokol NTP Client yang ada di WinBox menu System ---> SNTP Client. Di dalam menu SNTP Client kita bisa memasukkan alamat DNS / IP  dari server NTP yang ada di internet.

Pada gambar di atas, kita bisa lihat ada text box Primary NTP Server, Secondary NTP Server dan Server DNS Names. Kita bisa mengisinya dengan data-data seperti yang ada pada contoh gambar di atas.

  • Primary NTP Server : bisa diisi dengan ip address NTP Client kesukaan kalian
  • Secondary NTP Server : sama seperti Primary NTP Client
  • Server DNS Names : berbeda dengan Primary dan Secondary, kolom ini bisa kalian isi dengan alamat dns dari server NTP Client kesukaan kalian. Contohnya : 0.id.pool.ntp.org atau 1.id.pool.ntp.org
Selain mengisi NTP Server pada menu NTP Client, kita juga perlu mengatur Timezone pada menu System ---> Clock. Karena kita berada di negara Indonesia yang terbagi menjadi 3 zona waktu, GMT+7, GMT+9 dan GMT+9 maka kita bisa memilih Time Zone Name nya Asia/Jakarta, Asia/Makassar dan Asia/Jayapura. Sesuaikan dengan lokasi tempat kalian tinggal.

Okeh jadi sampai di sini dulu sobat catatan Kholis X. Semoga catatan kali ini bisa menambah sedikit wawasan kalian tentang pentingnya mengatur jam otomatis pada router, terutama kalian yang kerjanya jualan voucher hotspot, jadi pengaturan masa aktif voucher tidak ngaco dan tidak bikin rugi.

Sampai jumpa di catatan-catatan lainnya ya... See you...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Atur Jam Router Otomatis"

  1. Saat saya isikan 0.id.pool.ntp.org,di primary ntp server tombol ok nya gak berfungsi bos, alias gak bisa ditekan ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan, Router sudah terhubung dengan Internet

      Hapus