Seting Mikhmon Buat Yang Sulit Konek

www.kholis.my.id - Halo semuanya, kali ini kita akan belajar bagaimana cara seting Mikhmon untuk kebutuhan pembuatan dan cetak voucher hotspot mikrotik. Mikhmon adalah aplikasi buatan Om Laksamadi Guko yang fungsinya untuk membantu kalian dalam mengelola voucher hotspot, mulai dari pembuatan paket hotspot, generate voucher dan cetak voucher. Mikhmon juga memiliki fitur customize Logo dan Template, jadi kita bisa mengatur tampilan voucher hotspot sesuka hati kita.

Di channel Youtube Kholis X dan K Tutorial saya sudah membuat banyak video tentang Mikhmon, mulai dari cara download, cara instal, cara seting, cara membuat paket voucher, cara membuat voucher sampai cara memodifikasi logo dan tampilan voucher, tapi ada beberapa orang yang masih belum paham dasarnya sehingga mereka mengalami kesulitan ketika pertama seting, akibatnya mereka tidak berhasil masuk ke halaman utama mikhmon. Maka dari itu saya membuat satu video khusus yang membahas tentang Seting Mikhmon Pasti Berhasil.


Untuk pertama kali, kalian harus download aplikasi Mikhmon di website https://laksa19.github.io kemudian extract file ZIP hasil download ke Drive D atau Desktop kalian, jangan dibuka langsung nanti konfigurasi yang kalian buat tidak tersimpan dengan baik. Kalau sudah siap semuanya, kita akan lanjut ke dalam WinBox untuk konfigurasi akses Mikhmon dan melihat IP Address MikroTik.

Pre-config & System Requirements

MikroTik RouterOS minimal untuk menjalankan Mikhmon adalah versi 6.3x.x, kalau RouterOS kalian masih versi 5.xx jangan berharap Mikhmon bisa berjalan dengan baik.

Konfigurasi Akses Mikhmon

Ini adalah hal penting pertama yang menentukan berhasil dan tidaknya kita dalam menghubungkan Mikhmon ke MikroTik. Mikhmon terhubung ke MikroTik menggunakan API (Application Programming Interface) sehingga membutuhkan autentikasi IP Address, Username & Password. Kita akan siapkan data autentikasi tersebut di dalan WinBox.

1. Konfigurasi IP Address

IP address yang diisikan di dalam seting router Mikhmon adalah IP Address MikroTik bukan IP Address yang tertulis di dalam aplikasi Mikhmon Webserver. Untuk melihat IP Address MikroTik, kita harus masuk ke dalam WinBox dan masuk ke menu IP ---> Address. Seperti pada gambar di bawah ini.


Di dalam menu IP Address kita bisa melihat IP yang dimiliki MikroTik. Paling enak kita menggunakan IP di ether yang terhubung dengan sumber internet. Misalnya sumber internet kalian berada di ether1 maka gunakan ip tersebut agar aplikasi Mikhmon mudah terhubung dari jaringan lokal mana saja. Menurut gambar di atas, ether1 memiliki ip 192.168.1.2 maka kita simpan informasi tersebut untuk kebutuhan koneksi Mikhmon nanti.

2. Konfigurasi Username & Password

Kebanyakan orang salah sangka dan banyak yang mengisi username dan password di seting router mikhmon dengan user mikhmon dan password 1234. Padahal yang harusnya diisikan adalah username dan password MikroTik. Maka, kita harus menyiapkan username dan password untuk koneksi Mikhmon. Untuk melakukan manajemen user MikroTik, kalian harus masuk ke dalam menu System ---> Users.

Setelah masuk ke dalam User List, kita bisa langsung membuat user baru untuk Mikhmon atau kita bisa membuat konfigurasi hak akses khusus untuk user Mikhmon. Untuk membuat hak akses khusus, kita masuk ke menu Groups dan kita tambahkan Group baru dengan nama Mikhmon dan hak akses nya Read, Write, API & Sensitive.

Apa sih fungsi 4 hak akses tersebut?
  1. Read : untuk membaca data mikrotik agar bisa ditampikan di dalam Mikhmon
  2. Write : untuk menulis / mengubah data agar apa yang kita lakukan di dalam Mikhmon tersimpan di MikroTik
  3. API : mikhmon terhubung ke MikroTik menggunakan API, sehingga hak akses ini sangat dibutuhkan
  4. Sensitive : password yang disimpan di dalam MikroTik bersifat sensitive, hak akses ini dibutuhkan agar kita bisa melihat password user hotspot di dalam mikhmon. Kalau hak akses ini tidak diberikan maka password user hotspot mikhmon akan berubah menjadi bintang-bintang (****).
Setelah berhasil membuat Group baru khusus Mikhmon, selanjutnya kita harus membuat user khusus untuk mikhmon. Caranya, klik TAB Users, kemudian klik tambah, isikan username dan pasword, jangan lupa Group nya pilih "mikhmon" sesuai yang kita buat tadi.

Okeh semua data sudah siap, kita tulis dulu biar enak nanti pas seting Router di dalam Mikhmon
  • IP Address : 192.168.1.2
  • Username : mikhmon-kholisx
  • Password : 12345
Selanjutnya, kita akan konfigurasi Mikhmon. Yuk gaskannn... Di dalam seting Mikhmon, klik Add Router / Tambah Router dan masukkan semua informasi yang dibutuhkan. Seperti pada gambar berikut ini.

Setelah semuanya berhasil masuk, klik tombol Save selanjutnya coba klik tombol Ping untuk melihat apakah IP Address yang dimasukkan sudah benar atau tidak.

Pastikan hasilnya Ping OK. Kalau tidak kalian harus periksa lagi IP Addressnya. Okeh sampai di sini kita harusnya sudah bisa langsung klik tombol Connect dan langsung masuk ke halaman utama Mikhmon.

Closing

Okeh jadi begitu saja ya tutorialnya. Kalau kalian mengikuti step by step dengan baik pasti kalian berhasil menghubungkan Mikhmon dengan MikroTik dan kalian langsung siap membuat voucher. Yaudah, sampai di sini dulu tutorial yang tidak singkat ini. Semoga bermanfaat. See you...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Seting Mikhmon Buat Yang Sulit Konek"