Cara Atur DoH (DNS over HTTPS) Otomatis Aktif dan Nonaktif

Halo semuanya, selamat datang di blog Kholis X. Kali ini saya mau sharing tentang bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan DNS over HTTPS di MikroTik secara otomatis / di jam tertentu yang sudah ditentukan.

DNS over HTTPS adalah sebuah fitur yang ada di dalam MikroTik untuk menghubungkan jaringan MikroTik dengan DNS Server yang ada di internet melalui protokol HTTPS (port 443) sehingga permintaan DNS ke DNS Server bisa lebih aman karena menggunakan protokol yang secure.

Kita sudah tahu fungsi DoH, sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara mengaktifkan DoH pada MikroTik RouterBoard. Untuk praktek kali ini saya menggunakan RouterBoard RB750 Gr3 dengan RouterOS versi 6.49.1 update bulan november 2021.

Untuk mengakses DoH kita bisa masuk melalui menu IP ---> DNS. Kemudian kita bisa mengisikan alamat DoH Server di kolom "Use DoH Server" seperti pada gambar berikut.


Untuk mengisi DoH server kalian bisa menggunakan server sesuai keinginan kalian. Bisa dari Google, Cloudflare dan lain sebagainya. Untuk daftar DoH server yang ada di internet kalian bisa klik link berikut. https://kb.adguard.com/en/general/dns-providers

Setelah kita menentukan DoH server mana yang akan kita gunakan, selanjutnya kita akan membuat otomatisasi pengaktifan dan nonaktifkan DoH server pada MikroTik menggunakan scheduler. Untuk mengakses scheduler kita bisa klik menu System ---> Scheduler. Maka akan tampil seperti pada gambar berikut.


Untuk menambahkan scheduler baru kalian bisa tekan tombol + , kemudian tambahkan scheduler untuk mengaktifkan dan nonaktifkan DoH Server seperti pada gambar berikut ini.


Perhatikan kolom yang saya kasih tanda kotak merah. Berikut penjelasannya.

  • Name : untuk memberi nama scheduler, bebas mau dikasih nama apa saja
  • Start Date : biarkan saja otomatis
  • Start Time : Kapan scheduler dijalankan
  • Interval : Kapan scheduler diulang
  • On Event : Skrip scheduler untuk mengaktifkan dan nonaktifkan DoH
Skrip Untuk Mengaktifkan DoH

/ip dns set use-doh-server="https://dns.google/dns-query"
Skrip Untuk Menonaktifkan DoH
/ip dns set use-doh-server=""

Okeh, sampai di sini dulu, semoga catatan singkat ini bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa berkunjung ke channel Kholis X dan K Tutorial di YouTube yaaa... See you...

- Kholis X

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Atur DoH (DNS over HTTPS) Otomatis Aktif dan Nonaktif"

Posting Komentar