Failover dengan Recursive Gateway Load Balance PCC 3 ISP

Halo semuanya, kebutuhan koneksi internet sudah semakin menggila. Saat satu sumber internet saja tidak cukup kita akan mengambil sumber internet lainnya agar kebutuhan bandwidth client terpenuhi. Tapi bagaimana cara menggabungkan beberapa sumber internet menjadi satu? bagaimana kalau tiba-tiba salah satu sumber internet gagal memberikan koneksi internet?

Okeh, santai... kita jawab satu-per-satu ya. Yang pertama tentang menggabungkan beberapa koneksi internet menjadi satu.

Load Balance 

Kita bisa menggabungkan beberapa koneksi internet menjadi satu dan didistribusikan ke client sehingga bandwidth yang masuk ke client menjadi lebih besar. Caranya dengan menggunakan Load Balance. Ada beberapa jenis load balance yang bisa kita lakukan salah satunya metode load balance PCC (PER CONNECTION CLASSIFIER). Metode ini umum dipakai karena bisa menghasilkan bandwidth yang besar karena setiap koneksi akan dibagi rata ke masing-masing sumber internet. Tapi, load balance akan menimbulkan masalah ketika salah sumber internet mengalami gangguan. Terus bagaimana dong solusinya?

Failover dengan Rercursive Gateway

Yes, kita bisa memanfaatkan metode failover dengan recursive gateway. Jadi, ketika ada salah satu sumber internet mengalami gangguan maka secara otomatis akan diarahkan ke sumber internet lainnya dalam waktu yang cepat. Sehingga koneksi internet yang masuk ke client tidak mengalami putus nyambung. Bagaimana caranya?

Untuk melakukan Failvoer dengan Recursive Gateway kita bisa melakukannya di WinBox menu IP ---> Routes. Dan kita bisa membuat routing table baru untuk mengontrol semuanya. Contoh pada gambar di bawah ini saya membuat setingan untuk 3 ISP / sumber internet. Jadi ketika ISP1 gangguan maka diarahkan ke ISP2, ketika ISP2 gangguan maka diarahkan ke ISP3 dan ketika ISP3 gangguan maka diarahkan ke ISP1. Begitu seterusnya.


Pada gambar di atas, saya membuat rules banyak sekali untuk mengontrol 3 ISP agar kalau ada salah satu yang bermasalah maka akan langsung diarahkan otomatis ke sumber internet lainnya.

Untuk lebih jelasnya bisa kalian zoom-in foto di atas, dan pahami Comment yang saya tulis. Perhatikan juga pada Scope dan Target Scope. Di situ kuncinya.

Wokeh sampai di sini dulu untuk catatan tentang Failover dengan Recursive Gateway Load Balance PCC 3 ISP kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Bye...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Failover dengan Recursive Gateway Load Balance PCC 3 ISP"

Posting Komentar