Cara Menggunakan WinBox Untuk Pemula

www.kholis.my.id - Halo semuanya, bagaimana kabar kalian semua? Semoga selalu baik-baik saja ya...!

Kali ini kita akan berkenalan dengan aplikasi WinBox. Aplikasi ini berfungsi untuk mengkonfigurasi Routerboard MikroTik versi windows. Sebenarnya untuk mengkonfigurasi MikroTik tidak hanya melalui WinBox tapi ada service lain yang bisa digunakan seperti WebBox, Telnet, SSH dan Console (untuk router yang ada colokan consolenya).

Tapi kali ini kita akan fokus ke WinBox yang umum dipakai orang-orang untuk mengkonfigurasi MikroTik. WinBox bisa kalian download di website https://mikrotik.com/download. Kalian klik menu WinBox dan pilih sesuai dengan arsitektur komputer kalian, bisa 32 bit atau 64 bit.

Kalau sudah didownload, langsung saja kalian buka aplikasi winbox nya dan jangan lupa sambungkan komputer kalian dengan mikrotik agar kita bisa melihat isi mikrotik nya dengan winbox. Oke aku anggap kalian sudah terhubung dengan baik ke mikrotik.

Setelah aplikasi winbox terbuka, kalian langsung klik TAB Neighbors, dan lihat apakah mikrotik kalian terdeteksi di sana atau tidak. Biasanya mikrotik akan otomatis terdeteksi di menu neighbors, kalau tidak kalian bisa memindahkan colokan yang terhubung ke mikrotik ke ether nomer 2 - 5, sampai kelihatan di menu neighbors.




Okeh kalau sudah terdeteksi di menu neighbors, kalian bisa klik IP Address / MAC Address nya, kalau kalian bingung klik MAC Address saja, kemudian masukkan username dan password. Default username dan password MikroTik yaitu

User: admin

Pass: [kosong, tidak usah diisi]

Setelah kalian menulis username dan passwordnya, langsung saja tekan enter atau klik tombol LOGIN. maka kalian akan masuk ke dalam halaman utama WinBox yang berisi menu-menu sebelah kiri. Okeh kita akan membelajari menu-menu tersebut.


Menu di sisi kiri WinBox digabungkan sesuai dengan kategori dan fungsinya. Seperti menu interface untuk mengatur hal-hal yang berhubungan dengan interface jaringan seperti LAN, WiFi, VPN, VLAN dan lain sebagainya. Menu lainnya seperti IP digunakan untuk mengkonfigurasi hal yang berhubungan dengan IP seperti mengatur IP Address interface, Mengatur DHCP Server / Client, mengatur Server Hotspot dan lain sebagainya. Dan menu System untuk mengatur hal-hal yang berhubungan dengan system router, seperti identity, jam, upgrade routeros, restart, shutdown bahkan kalian bisa melakukan reset pada routerboard melalui meny System Reset.

Wokeh, jadi sampai di sini dulu ya sekedar informasi singkat saja, semoga bermanfaat dan kita akan bertemu di tutorial selanjutnya. See You...

- Kholis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan WinBox Untuk Pemula"

Posting Komentar